Salah satu hal yang biasanya dihindari saat travelling adalah biaya penginapan yang terlalu mahal. Kalau lagi ditraktir sih boleh banget menginap di hotel berbintang. Tapi kalau harus merogoh kocek sendiri, aww… kasihan dompet ! Lagipula dipikir, biasanya saat travelling jalan-jalan seharian dan hanya kembali ke penginapan untuk beristirahat di malam hari. Maka, untuk menghemat budget tak keberatan untuk menginap di hotel berbintang dua ataupun guest house. Tapi, hati-hati juga saat memilih guest house. “Zonk” banget kan kalau misalnya Anda sampai mendapat guest house yang seprainya kotor, kamar mandinya jorok, plus tak ber-AC sehingga Anda harus kegerahan sepanjang malam. Salah-salah, bukannya beristirahat malah nggak bisa tidur semalam-malaman. Nah, supaya jangan sampai “zonk” berikut beberapa tips memilih guest house dari kami:

1.    Kapasitas Guest House 

Tips memilih guest house yang “harus” Anda patuhi pertama-tama adalah: cek kapasitas guest house. Bagi Anda yang masih sedikit bingung dengan konsep guest house, guest house adalah salah satu jenis penginapan yang biasanya berbentuk rumah pribadi. Walaupun ada juga penginapan yang judulnya “guest house” namun konsepnya persis seperti hotel. Guest house yang kita bahas di sini adalah Guest House berkonsep rumah biasa, ya! Guest House  lebih cocok untuk Anda yang travelling bareng-bareng. Namun, kita perlu mengetahui berapa banyak kamar yang tersedia di guest house tersebut.  Jangan sampai ketika Anda datang bersama rombongan, kamar yang tersedia malahan kurang.  

2.    Tanyakan apakah ada penjaganya?

Guest House umumnya memiliki penjaga, baik apakah penjaganya perempuan ataupun laki-laki. Salah satu tugas penjaga ini tentunya adalah untuk menjaga kebersihan guest house dan menjaga kemananan (jika penjaganya laki-laki). Jika perlu, Anda bisa bertanya dahulu ada berapa orang penjaga di guest house tersebut, dan apakah penjaga tersebut berjaga di guest house 24 jam atau hanya pada saat-saat tertentu saja. 

3.    Waktu Check-in dan waktu Check-out

Tips memilih guest house yang juga harus Anda perhatikan adalah waktu check-in dan check-out. Standar waktu check in di penginapan adalah pukul 14.00 dan check out pukul 12.00. Jangan mau jika Anda diminta check out sebelum pukul 12.00 siang (misalkan waktu checkout-nya pukul 10 pagi). 

4.    Fasilitas Toilet dan Kamar Mandi

Bagi pribadi, paling tak tahan dengan kamar mandi yang jorok. Pilihlah guest house yang kebersihannya terjamin (termasuk kebersihan kamar mandinya). Guest House juga biasanya tidak menyediakan peralatan mandi. Jadi, sebaiknya Anda mempersiapkan peralatan mandi dari rumah. 

5.    Peralatan memasak di dapur

Salah satu keuntungan menginap di guest house adalah adalah fasilitas dapur sehingga Anda bisa memasak sendiri.  Apalagi jika Anda menginap bersama si kecil yang masih bayi atau balita. Jadinya lebih praktis saat Anda harus menyiapkan makanan atau susu untuk si kecil. Tapi, pastikan guest house pilihan Anda memiliki dapur dengan peralatan memasak yang memadai. Males banget kan kalau Anda harus membawa peralatan memasak sendiri dari rumah? Anda juga perlu mengecek apakah guest house sewaan Anda menyediakan fasilitas air minum (dispenser). 

6.    Apakah ada fasilitas breakfast?

Tips memilih guest house yang juga perlu menjadi pertimbangan Anda adalah apakah guest house tersebut menyediakan fasilitas breakfast? Adanya fasilitas breakfast tentu akan bermanfaat untuk kita yang mau menghemat budget. Anda juga tak perlu repot-repot mencari sarapan. Namun, tidak semua guest house menyediakan fasilitas sarapan. Ada juga yang menyediakan sarapan, namun dengan biaya tambahan. Maka, tanyakanlah apakah guest house yang mau Anda sewa menyediakan sarapan? Jika tidak, mungkin Anda bisa bersiap-siap berbekal mie instan.  

7.    Wifi itu wajib!

Memang sih,pada dasarnya kita dapat hidup tanpa internet. Tapi, tak bisa dipungkiri juga bahwa kita perlu internet. Apalagi saat kita travelling, kita membutuhkan internet baik untuk mencari informasi seputar tempat wisata ataupun (bagi para businessman) sekedar mengecek pekerjaan kita. Pastinya, fasilitas free wifi akan membantu kita untuk menghemat kuota.

8.    Lokasi Guest House, apakah strategis?

Berikutnya, Anda perlu tahu di manakah lokasi guest house pilihan Anda itu. Apakah lokasinya dekat dengan pusat kota? Dekat dengan aneka tempat wisata? Apakah tersedia sarana transportasi yang memadai untuk mencapai guest house tersebut? 

9.    Apakah ada fasilitas mewah di guest house tersebut?

Biaya menginap di guest house pastinya lebih murah daripada menginap di hotel. Namun, belum tentu guest house tersebut tidak memiliki fasilitas mewah seperti di hotel, lho! Beberapa guest house ada yang dilengkapi dengan fasilitas kolam renang. Ini tentu bisa menjadi pertimbangan saat Anda memilih guest house. 

10.    Simak review-nya di situs travelling

Tips memilih guest house yang juga bisa coba lakukan adalah: simak review tentang guest house tersebut di situs travelling. Review-review yang ada mungkin tidak semuanya positif, namun Anda bisa membayangkan kurang lebih kondisi guest house tersebut seperti apa.

Sumber : http://www.klikhotel.com/blog/tips-memilih-guest-house/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *